Sabtu, 04 Mei 2013

Membuat Sambal Goreng Telur

Ahmad Jumaili


Masakan unik kali ini akan coba membahas tentang Membuat sambal goreng telur. Tapi sebelumnya kita mestinya berkenalan dulu dengan macam macam sambal.

Okeh, Sambal termasuk salah satu menu masakan Indonesia yang unik dan khas, bahkan menurut beberapa juru masak, sambal adalah menu asli Indonesia sama khasnya seperti bakso sehingga aneka sambal nyaris ada semua di Indonesia. Kita sebut saja, sambal lalapan, sambal goreng, sambal bawang, sambal terasi, sambal ikan serta ada sambal telur.

Di dunia sambal goreng, kita masih menemukan beberapa varian, missal sambal goreng ati atau sambal goreng hati, sambal goreng kentang, sambal goreng hati sapi, sambal goreng daging, sambal goreng tahu, sambal goreng kentang ati, sambal goreng terasi dan masih banyak lagi.

Nah, kembali ke sambal goreng telur kita akan coba membuatnya dengan bumbu sambal goreng yang lain dari yang lain.

Bagaimana cara membuat sambal goreng telur ini? Supaya anda gak bingung lagi, ikuti beberapa tips berikut:

Pertama kita akan bahas, apa saja bahan bahan untuk membuat sambal goreng telur yakni :
  1. Butir telur ( Telur Bebek, Telur Ayam Atau Telur Puyuh)
  2. Cabai merah 
  3. Gula putih 
  4. Terasi Lombok
  5. Garam 
  6. bawang putih 
  7. bawang merah 
  8. tomat 
  9. Penyedap rasa secukupnya
Nah, terkait telur apa yang akan anda gunakan akan mempengaruhi nama sambal telur yang akan anda buat, kalo anda menggunakan telur bebek tentu akan menjadi sambal goreng telur bebek tapi ada juga sambal goreng telur puyuh.

Nah sekarang kita bahas bagaimana cara membuatnya?

Pertama, rebuslah telur hingga matang kemudian haluskan bumbunya berupa cabai merah, terasi lombok, bawang merah, bawang putih, garam dan juga tomat yang sudah dibersihkan.

Kedua, setelah telur matang, kupas kulitnya dan iris telur menjadi tiga atau empat bagian (kalo telur bebek/ ayam, kalo telur puyuh gak usah lah).

Ketiga, goreng bumbu yang telah di haluskan tadi hingga benar-benar masak, kalo perlu anda bisa tambahkan gula putih dan penyedap rasa jika anda merasa kurang asin, kurang manis atau lainnya.

Keempat, bumbu yang telah matang tadi di tuang diatas piring, kemudian susunlah telur yang telah di belah atau di iris tadi di piring yang lain kemudian tuangkan sambal goreng tersebut. Cararala mudah kan?

Sekarang Menu Membuat Sambal Goreng Telur sudah siap dihidangkan. Jika anda ingin lebih detail lagi tau Bumbu Sambal Goreng Spesial, nanti kami akan ulas.

0 komentar:

Posting Komentar